Kamis, 01 Maret 2012

tugas unit procurement lesson 1


1.      Jelaskan proses procurement dan bagaimana integrasinya terhadap SAP
2.      Beda antara procurement tradisional dan SAP
3.      Jelaskan MRO (maintenance, repair dan operations)
4.      Bagaimana Procurement di SAP ERP meingkatkan proses procurement?
5.      Gambarkan proses procurement
6.      Jelaskan determination of requirement!apakah bisa dibuat secara manual atau otomatis oleh SAP  
7.      Source determination
8.      Dapat dibuat dari informasi mana?
9.      Apa itu  Request for Quotation (RFQ’s)
10.  Vendor selection and comparison of quotation
11.  Purchase order creation
12.  Darimana informasi didapatkan untuk membuat purchase order creation?
13.  Apakah SAP bisa mengeluaarkan sendiri PO?
14.  Bagaimana dengan Vendor scheduling agreement dan contract?  
15.  Jelaskan purchase order follow up
16.  Apa saja yang disediakan oleh SAP untuk PO Follow up ini?
17.  Jelaskan good receiving and inventory management
18.  Bagaimana memberikan konfirm terhadap penerimaan barang?
19.  Jelaskan invoice verification
20.  Bagaimana SAP melakukan verfikasi terhadap invoice?
21.  Jelaskan yang dimaksud dengan Purchase Orders (PO)
22.  Sebutkan empat sumber pembuatan PO  
23.  Bagaimana mengantarkan PO kepada Supplier?
24.  Jelaskan self service procurement
25.  Jelaskan self service requisitioning
26.  Jelaskan inventory Management
27.  Jelaskan mafaat mempostingkan goods receipt to stoct with reference to PO
28.  Jelaskan invoice verification
29.  Manfaat invoice verification dalam menghubungkan antara ......
30.  Bagaimana SAP memperingatkan kalau terjadi masalah dengan invoice verification?
31.  Jelaskan message sehubungan dengan purchasing documents
32.  Pilihan-pilihan untuk mengeluarkan message   

 jawab:

1. Pengadaan adalah mySAP ERP tidak hanya mencakup proses tradisional seperti requistioning, manajemen pesanan pembelian, faktur dan verifikasi, tetapi juga katalog berbasis swalayan requistioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.
Integrasi katalog diperluas untuk operasi pemeliharaan dan manajemen proyek.

2.
Pengadaan adalah mySAP ERP tidak hanya mencakup proses tradisional seperti requistioning, manajemen pesanan pembelian, faktur dan verifikasi, tetapi juga katalog berbasis swalayan requistioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.

3. katalog berbasis swalayan requisitioning untuk pemeliharaan. Perbaikan, dan (MRO) operasi bahan dan jasa.

4. Pengadaan di mySAP ERP meningkatkan proses pengadaan dengan memfasilitasi pelaporan rencana-driven dan ad hoc pembelian, manajemen persediaan lengkap, dan cerdas di semua kegiatan pengadaan

5. 1.demand determination
2.source determination
3.supplier selection
4.purchase order processing
5.order monitoring
6.goods receipt
7.invoice verificatif
8.payment processing

6. Anda dapat memasukkan permintaan pembelian sendiri atau mereka dapat dihasilkan secara otomatis oleh perencanaan bahan dan sistem kontrol.

7. Penentuan sumber membantu mengidentifikasi potensi sumber pasokan berdasarkan pesanan terakhir dan sudah ada perjanjian pembelian jangka panjang ini akan mempercepat proses menciptakan surat permintaan harga , yang dapat dikirim ke vendor elektronik melalui EDI, jika diinginkan


8. Hal ini mempercepat proses menciptakan permintaan penawaran harga (RFQ), yang dapat dikirim ke vendor elektronik melalui EDI, jika diinginkan.

9. Surat permintaan harga yang diminta oleh calon pembeli kepada perusahaan .

10. pemilihan vendor dan perbandingan dari kutipan adalah sistem ini mampu mensimulasikan skenario harga, yang memungkinkan Anda untuk membandingkan beberapa kutipan yang berbeda, surat penolakan dapat dikirim secara otomatis

11. penciptaan Pembelian agar mengadopsi informasi dari permintaan dan quatitation untuk membantu Anda membuat pesanan pembelian, seperti permintaan pembelian Anda dapat menghasilkan pesanan pembelian sendiri atau memiliki sistem menghasilkan secara otomatis

12. Seperti permintaan pembelian, Anda dapat menghasilkan pesanan pembelian sendiri atau memiliki sistem menghasilkan secara otomatis.

13. Perjanjian penjadwalan vendor dan kontrak (dalam sistem SAP, jenis jangka panjang perjanjian jual beli) juga didukung.

14.
Perjanjian penjadwalan vendor dan kontrak (dalam sistem SAP, jenis jangka panjang perjanjian jual beli) juga didukung

15. Menindaklanjuti Pesanan pembelian adalah sistem memeriksa periode pengingat Sudah ditentukan dan, jika perlu, secara otomatis mencetak pengingat atau expediters pada interval yang telah ditentukan sistem juga menyediakan dengan status terkini semua status permintaan pembelian, kutipan, dan pesanan pembelian

16.
Sistem ini juga menyediakan Anda dengan status terkini dari semua permintaan pembelian, kutipan, dan pesanan pembelian.

17. Barang menerima personil dapat mengkonfirmasi penerimaan barang hanya dengan memasukan nomor pesanan pembelian. dengan menetapkan toleransi yang diijinkan, pembeli dapat membatasi atas dan di bawah pengiriman barang yang dipesan

18. Dengan menetapkan toleransi diperbolehkan, pembeli dapat membatasi kelebihan dan kekurangan pengiriman barang yang dipesan ..

19.
Verifikasi faktur adalah sistem mendukung pemeriksaan dan pencocokan faktur petugas hutang diberitahu varians kuantitas dan harga karena sistem memiliki akses untuk membeli data pesanan dan barang diterima. kecepatan proses audit dan faktur kliring untuk pembayaran.

20. Petugas hutang diberitahu varians kuantitas dan harga karena sistem memiliki akses untuk membeli data pesanan dan barang diterima.

21.
Sebuah pesanan pembelian adalah permintaan resmi ke vendor untuk memasok barang atau jasa tertentu di bawah kondisi yang disebutkan

22. Dapat membuat pesanan pembelian tanpa referensi, atau dengan mengacu pada permintaan pembelian, permintaan untuk kutip, atau lain pesanan pembelian.

23.
Bila Anda memasukkan data pesanan pembelian, sistem menunjukkan nilai default.
Sebagai contoh, sistem menunjukkan alamat pemesanan, serta hal pembayaran dan pengiriman (Incoterms) dari rekaman master vendor.
Jika Anda telah mempertahankan master bahan untuk bahan tertentu dalam sistem SAP, sistem menunjukkan teks singkat materi atau kelompok material, misalnya.
Jika rekor Info pembelian sudah ada dalam sistem, sistem salinan proposal harga untuk pesanan pembelian.

24. Pengadaan swalayan memungkinkan karyawan untuk membuat dan mengelola daftar permintaan mereka sendiri

25.
Berarti membeli tidak ada barang strategis, yaitu, barang tidak langsung terkait dengan rantai nilai (sering disebut MRO: pemeliharaan, perbaikan, dan operasi item).

26. Proses pengadaan disimpulkan oleh proses verifikasi faktur, selama faktur dan memo kredit masuk dan isi dan harga diperiksa untuk akurasi. Namun, pembayaran dan evaluasi faktur bukan bagian dari verifikasi faktur; informasi yang sesuai untuk tugas-tugas diteruskan ke departemen lain. Verifikasi faktur, oleh karena itu, menciptakan hubungan antara Pengadaan dan Akuntansi.

27. Barang menerima point dapat memeriksa apakah pengiriman adalah sama dengan data pesanan pembelian, yaitu, apakah barang yang dipesan telah disampaikan.

28. Proses pengadaan disimpulkan oleh proses verifikasi faktur, selama faktur dan memo kredit masuk dan isi dan harga diperiksa untuk akurasi.

29. Verifikasi faktur, oleh karena itu, menciptakan hubungan antara Pengadaan dan Akuntansi. Bila Anda memasukkan faktur dengan mengacu pada order pembelian, sistem menunjukkan data dari pesanan pembelian dan penerimaan barang untuk pesanan pembelian (misalnya, vendor, bahan, kuantitas masih harus ditagih, syarat pembayaran, dan sebagainya) .

30. pembayaran dan evaluasi faktur bukan bagian dari verifikasi faktur; informasi yang sesuai untuk tugas-tugas diteruskan ke departemen lain

31. Anda dapat mengeluarkan semua dokumen pembelian sebagai pesan. Setiap kali Anda membuat sebuah RFQ (Request for quotation), pesanan pembelian, kontrak atau perjanjian penjadwalan, sistem ini dapat membuat pesan dari dokumen terpengaruh. Pesan ini kemudian ditempatkan dalam antrian pesan.

32. Untuk mengeluarkan pesan (dengan mencetak, fax e-mail,, atau EDI) dari antrian pesan, Anda memiliki pilihan berikut:
Mengeluarkan segera:
- Sistem isu pesan langsung dari antrian, dengan kata lain, segera setelah Anda menyimpan dokumen.
Menerbitkan kemudian:
- Entah Anda menjadwalkan pekerjaan latar belakang yang proses antrian pesan dalam interval ditentukan, atau Anda mulai masalah ini langsung dari menu pembelian.
- Sebagai aturan, Anda mengeluarkan pesan menggunakan latar belakang pekerjaan dan mulai masalah secara manual hanya sebagai pengecualian (seperti untuk perintah terburu-buru).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar